Pratista Skin Care

Tips : Merawat Pori-pori Wajah Yang Baik

20 Nov 2020 Views : 101
Share :
Facebook Twitter Print

Siapa yang punya masalah pori-pori yang besar? Nah, jika pada artikel sebelumnya MinSta sudah membahas 9 fakta tentang pori-pori, kali ini MinSta mau kasih beberapa cara untuk merawat pori-pori kamu agar tetap bersih, sehingga penampakannya lebih samar. Langsung aja yuk kita masuk ke pembahasan.

1. Rutin Membersihkan Wajah

Pori-pori akan tampak lebih besar jika tersumbat oleh minyak dan juga kotoran. Maka dari itu rutin membersihkan wajah sangat membantu untuk menyamarkan penampakan pori-pori, karena kotoran dan minyak sudah terangkat.

Untuk membersihkan wajah sesuaikan dengan kebutuhan kulit kamu ya dan gak disaranin terlalu sering, agar natural oil di kulit kamu tidak terkuras habis. Karena jika natural oil terkuras, maka kulit kamu akan memproduksi minyak yang lebih banyak lagi dan justru malah membuat pori-pori jadi semakin lebih besar. Bisa cek link ini untuk info tentang cara membersihkan wajah yang baik.

2. Rutin Eksfoliasi

Eksfoliasi dapat membantu mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang menumpuk di dalam pori-pori, sehingga juga bisa membuat pori-pori tampak lebih kecil.

Jadi selain rutin membersihkan wajah, kamu juga disarankan melakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu (atau sesuaikan dengan kebutuhan kulitmu). Eksfoliasi bisa dilakukan secara physical menggunakan cleansing brush, scrub, dll. Atau bisa juga dengan chemical exfoliant, terutama yang mengandung BHA (seperti salicylic acid). Berikut 2 produk exfoliasi dari Pratista:

 

3. Gunakan Pelembab

Kulit yang lembab dapat membuat lapisan kulit menjadi lebih plump, sehingga penampakan pori-pori juga akan semakin samar. Gunakanlah pelembab sesuai dengan jenis kulit yang kamu miliki agar tidak terjadi iritasi ataupun membuat wajah semakin terlihat berminyak.

4. Gunakan Sunscreen

Selain mencegah dari penuaan dini, sunscreen juga bisa membantu merawat pori-pori kamu,  lho. Soalnya sinar matahari dapat melemahkan kolagen pada kulit, sehingga membuat pori-pori terlihat lebih nyata. Maka dari itu kamu wajib menggunakan sunscreen minimal SPF 30 setiap hari.

5. Pilih Skincare dan Make Up dengan label non-comedogenic

Jika pori-pori kamu sering tersumbat, ada baiknya kamu mencari skincare atau make up dengan label non-comedogenic untuk meminimalkan terjadinya sumbatan pada pori-pori wajah.

6. Gunakan Retinoid bila dibutuhkan

Salah satu penyebab pori-pori nampak besar adalah karena menurunnya produksi kolagen pada kulit. Maka dari itu retinoid dapat berperan untuk menyamarkan pori-pori dengan meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit.

Selain itu, retinoid dapat membuat regenerasi sel menjadi lebih cepat, sehingga sel-sel kulit mati yang ada pada lapisan teratas kulit dapat terangkat lebih cepat juga. Bisa ni kamu cobain produk Retinoid Best Seller dari Pratista :

7. Tidak Memencet Jerawat

Kesalahan paling sering dilakukan adalah memencet jerawat. Padahal selain meninggalkan bekas, memencet jerawat juga bisa membuat pori-pori nampak lebih besar. Maka dari itu sebisa mungkin hindari kebiasaan ini.

Untuk mengobati jerawat, kamu bisa menggunakan spot treatment yang tepat, bila perlu gunakan acne patch untuk mencegah jerawat tersentuh oleh tangan.

8. Mengonsumsi Air Putih yang Cukup

Selain menjaga kelembaban dari luar, kamu juga harus menjaganya dari dalam. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi air putih yang cukup (setidaknya 2-3 liter sehari). Jika kamu kekurangan air, maka kulit juga akan menjadi dehidrasi yang membuat pori-pori tampak lebih besar.

Itulah beberapa cara untuk merawat pori-pori agar tampak lebih kecil. Semoga tulisan kali ini bermanfaat buat kamu untuk merawat pori-pori dengan cara yang tepat.

Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit atau gimana cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Website : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER