Pratista Skin Care

Terlihat Sepele, Ini Dia 7 Kesalahan Saat Cleansing yang Masih Sering Dilakukan

21 Nov 2020 Views : 37
Share :
Facebook Twitter Print

Cleansing merupakan step paling pertama sebelum kamu melakukan skincare routine. Step ini juga merupakan step paling krusial karena akan menentukan apakah produk skincare kamu bisa bekerja maksimal atau tidak. Karena kalau kamu melakukan hal yang keliru saat cleansing, bisa jadi kulit kamu belum bersih maksimal dan nantinya bisa menimbulkan masalah baru salah satunya jerawat. Kira-kira apa aja ya kesalahan yang bisa terjadi saat cleansing? Yuk langsung cari tau disini.

1. Terburu-buru

Coba kamu hitung deh berapa lama biasanya kamu membersihkan wajah, 15 detik? 20 detik? Sebenarnya ga masalah kamu membersihkan dalam durasi tersebut, asalkan kamu membersihkan wajah secara menyeluruh.

Namun kebanyakan orang akan lupa membersihkan beberapa area seperti hairline, jawline, sela-sela alis, leher, dan bawah telinga. Kalau di daerah-daerah itu suka tumbuh jerawat, bisa jadi karena cleansingnya kurang maksimal nih.

Jadi, sebisa mungkin kamu pastikan bahwa semua bagian sudah dibersihkan. MinSta ada nih satu teknik yang bisa kamu terapin, yaitu 60 second rule. Kamu bisa baca detailnya di artikel yang terpisah ya. Intinya kamu naikkin durasi cleansing kamu menjadi 60 detik. Coba deh lakukan teknik ini selama 1 minggu, kamu akan ngerasain perbedaannya.

2. Terlalu Lama

Yup, selain terlalu sebentar, terlalu lama cleansing juga tidak bagus untuk kulit wajah kamu. Mungkin kamu sudah tau, belakangan sempet nge-tren teknik oil plugs, yang membersihkan wajah dengan cleansing oil selama 15 menit. Teknik ini memang cukup efektif untuk membersihkan komedo di sebagian kecil orang. Namun nyatanya ga sedikit orang yang mengalami breakout setelah melakukan teknik ini.

Cleanser tidak diformulasi untuk ada di kulit dalam waktu yang lama. Jadi sebisa mungkin lakukan cleansing tidak lebih dari 1 menit, apalagi untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

3. Menggunakan Cleanser yang Terlalu Harsh

Banyak orang yang masih suka menggunakan cleanser yang meninggalkan sensasi kesat dan ketarik setelah mencuci wajah karena memberikan kesan bersih. Padahal sebenarnya cleanser yang seperti ini harus kamu hindari karena terlalu banyak menguras natural oil pada kulit kamu.

Jika natural oil dipaksa untuk dibuang, kulit justru akan memproduksi minyak lebih banyak lagi untuk mengembalikan kelembaban. Kalau kamu merasa muka makin berminyak padahal sudah cuci muka, itu berarti cleanser yang kamu gunakan kandungannya terlalu keras dan harsh di kulit.

Sebagai alternatif, kamu bisa coba cari cleanser dengan kandungan yang gentle dan pastikan finishing setelah cleansing nya tidak terlalu ketarik, atau justru lebih bagus jika cleansernya meninggalkan kelembaban di kulit.

4. Menggosok Terlalu Keras

Siapa disini yang masih suka heboh banget pas cuci muka? Memang ada perasaan puas gitu ya kalau gosoknya keras-keras, jadi rasanya lebih bersih. Nope! ini justru harus banget kamu hindari karena menggosok wajah terlalu keras malah dapat merusak skin barrier kamu. Kalau skin barrier sudah rusak, kulit kamu akan semakin rentan untuk berjerawat dan kemungkinan juga akan terjadi TEWL (Trans-epidermal Water Loss) yang menyebabkan kulit kamu menjadi dehidrasi.

Kandungan di dalam cleanser sudah efektif membersihkan wajah tanpa harus digosok terlalu keras. Jadi kamu hanya perlu menggosok dan memijat secara perlahan saja ke seluruh wajah, lalu biarkan kandungan cleanser-nya yang bekerja membersihkan wajah kamu.

5. Menggunakan First Cleanser Pada Keadaan Wajah Basah

First Cleanser akan lebih efektif bekerja pada keadaan wajah dan tangan yang masih kering, karena first cleanser berfungsi untuk mengangkat kotoran yang larut minyak. Jika sudah terkena air, maka performanya dalam mengangkat kotoran akan menurun.

Maka dari itu, saat pertama kali diaplikasikan pastikan tangan dan wajah kamu dalam keadaan kering lalu pijat perlahan produknya pada wajah. Setelah itu baru diberikan air sedikit demi sedikit untuk meng-emulsify sebelum akhirnya dibilas.

6. Tidak Mencuci Tangan Sebelum Membersihkan Wajah

Terdengar sepele, tapi ternyata masih banyak yang belum mencuci tangannya sebelum membersihkan wajah. Seperti yang kita tau kalau di tangan ada banyak banget bakteri dan kuman, dan ini bisa saja berpindah ke wajah saat kamu cleansing. Maka dari itu, biasakan cuci tangan dulu sebelum membersihkan wajah.

7. Menggunakan Scrub Terlalu Sering

Scrub sebagai salah satu produk eksfoliasi memang bisa mengangkat kotoran yang ada di dalam pori-pori dan juga membersihkan sel kulit mati. Tapi scrub tidak disarankan untuk pemakaian setiap hari ya.

Penggunaan scrub yang berlebihan dapat merusak skin barrier kamu dan ujung-ujungnya dapat membuat kulit lebih rentan berjerawat. Sebaiknya dilakukan 1-2 kali saja dalam seminggu.

Nah, itulah dia 7 kesalahan yang biasanya terjadi saat cleansing. Semoga setelah membaca ini kamu jadi bisa menghindari kesalahan-kesalahan kecil ini ya.

Kamu lagi cari rekomendasi Produk Cleanser? Berikut beberapa produk Cleanser Pratista.

 

Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit atau gimana cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Website : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER