Pratista Skin Care

SUNSCREEN: Produk Anti-Aging Terbaik

11 Oct 2020 Views : 52
Share :
Facebook Twitter Print

Seperti yang kita tau, sinar matahari memancarkan sinar UVA dan UVB yang dapat berdampak buruk terhadap kesehatan kulit. Sinar UVB dapat menyerang epidermis dan membuat kulit terbakar (burning). Sedangkan UVA menyerang lapisan kulit yg lebih dalam (dermis) dan dapat menyebabkan hyperpigmentation, penuaan dini (aging), hingga kanker kulit.

DIkarenakan dampak negatif dari matahari inilah, maka diciptakan sunscreen. Fungsinya untuk membantu menangkal dua sinar UV ini agar tidak menyerang kulit secara langsung. Nah, kali ini MinSta mau membahas tentang penggunaan sunscreen sebagai salah satu produk paling baik yang bisa mencegah penuaan. Kenapa paling baik? Cari tau disini, yuk!

 

Penuaan Dini

Penuaan dini (aging) adalah proses penuaan pada kulit yang lebih cepat dari biasanya. Ciri-ciri kulit mengalami penuaan dini adalah munculnya garis-garis halus pada area kulit yang tipis seperti area sekitar mata dan smile line. Biasanya aging disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah paapran sinar matahari secara berlebihan.

 

Manfaat Sunscreen Untuk Anti-Aging

Penelitian dari Queensland Institue of Medical Research menemukan bahwa kelompok orang yang menggunakan sunscreen setiap hari memiliki risiko penuaan dini lebih rendah hingga 24% ketimbang kelompok yang tidak menggunakan sunscreen.

Sunscreen menjadi sangat penting karena di dalam sunscreen memiliki kandungan yang dapat menangkal sinar UVA. Biasanya pada kemasannya diberi label PA (protection of UVA) untuk menggambarkan lamanya perlindungan yang diberikan terhadap UVA. Maka dari itu pastikan sunscreen yang kamu gunakan sudah memiliki label PA ini ya.

Jika kamu tidak menggunakan sunscreen, bukan hanya kulit kamu menjadi terpapar sinar matahari. Tapi semua skincare yang kamu gunakan seperti serum, ampoule, exfoliant, dll juga tidak akan bekerja maksimal karena rusak akibat paparan sinar matahari.

 

Aplikasi Sunscreen

Benefit anti-aging dari sunscreen ini akan terasa jika kamu juga mengaplikasikannya dengan benar, yaitu dengan cara:

  • Diaplikasikan 15-30 menit sebelum keluar rumah agar kandungannya dapat aktif terlebih dahulu.
  • Menggunakan dosis sesuai takaran, yaitu 1/4 sdt atau 2 jari untuk wajah dan leher.
  • Reapply setiap 2-3 jam atau lebih cepat jika kamu sedang berkeringat atau terkena air.
  • Bila memungkinkan, gunakanlah sunscreen bersama dengan antioxidant untuk memberikan perlindungan terhadap radikal bebas yang dapat juga memberikan efek aging. Kandungan yang bisa digunakan seperti vitamin C, vitamin E, green tea, dll.

Selain pengaplikasian yang benar, sunscreen juga harus digunakan setiap hari ya. Walaupun kamu beraktivitas indoor, tetap gunakan sunscreen karena UVA tetap dapat menembus jendela rumah atau kantor kamu.

 

Tips Memilih Sunscreen

Dibandingkan semua produk skincare, pemilihan produk sunscreen yang tepat menurut MinSta masih agak lumayan tricky ya. Soalnya seringkali produk sunscreen dapat membuat wajah terlihat lebih greasy.

Tapi ada satu cara yang bisa kamu terapkan lho, yaitu dengan cara mencari tekstur yang sesuai dengan jenis kulit kamu:

  • Biasanya kulit berminyak akan lebih cocok dan nyaman jika menggunakan sunscreen dengan tekstur gel hingga gel-cream
  • Kulit kering akan lebih cocok menggunakan sunscreen dengan tekstur krim.
  • Kulit sensitif, sebaiknya gunakan physical sunscreen untuk meminimalkan terjadinya iritasi.

Apapun jenis sunscreen yang kamu gunakan pastikan SPF nya minimal 30 dan sudah broad spectrum (dapat menangkal UVA dan UVB sekaligus).

 

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang manfaat sunscreen khususnya dalam hal anti-aging. Jadi kamu sudah pakai sunscreen belum hari ini? Hehe.

Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit dan cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Wbsite : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER