Pratista Skin Care

Pilling Saat Menggunakan Skincare, Kok Bisa?

06 Apr 2021 Views : 2
Share :
Facebook Twitter Print

Skincare yang kita gunakan seringkali tidak hanya satu jenis saja. Kita biasanya melakukan layering skincare agar kulit mendapatkan nutrisi dan kelembaban yang dibutuhkan. Namun saat melakukan layering ini tak jarang membuat produk skincare tersebut terjadi pilling. Kenapa ini bisa terjadi ya? Kita bahas disini, yuk!

 

Apa Itu Pilling?

Pilling merupakan suatu keadaan saat sebuah produk skincare atau makeup yang diaplikasikan pada kulit berubah menjadi serpihan-serpihan kecil yang menggumpal. Hal ini membuat skincare tidak menyerap sempurna pada kulit dan tidak akan memberikan khasiat yang maksimal.

 

Penyebab Terjadinya Pilling

Pilling biasanya disebabkan oleh:

  • Mengaplikasikan produk saat skincare sebelumnya belum terserap sempurna
  • Pemakaian produk yang terlalu banyak
  • Salah kombinasi skincare
  • Terlalu banyak sel kulit mati yang menumpuk

 

Cara Mengatasi Agar Tidak Terjadi Pilling

Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tidak terjadi pilling saat mengunakan skincare, antara lain:

1. Berikan Jeda Waktu

Pilling bisa saja terjadi jika kamu mengaplikasikan sebuah produk saat produk sebelumnya belum terserap sempurna ke dalam kulit. Hal ini akan membuat skincare yang baru kamu aplikasikan akan bercampur dengan skincare sebelumnya dan membentuk gumpalan-gumpalan yang tidak diinginkan.

Maka dari itu, sebaiknya sebelum mengaplikasikan suatu skincare, kamu harus pastikan skincare sebelumnya sudah meresap ke dalam kulit. Tidak ada patokan waktu yang pasti berapa lama suatu produk menyerap, karena setiap produk memiliki waktu yang berbeda-beda untuk terserap.

 

2. Minimalkan Penggunaan Silikon

Silikon merupakan kandungan yang cukup umum digunakan di dalam produk skincare. Kandungan ini bersifat occlusive yang dapat mengisi celah pada kulit dan mengunci hidrasi pada wajah. Walau memiliki banyak manfaat, sebaiknya kandungan ini tidak digunakan secara berlebihan ya.

 

3. Menggunakan Lebih Sedikit Skincare

Penggunaan produk yang terlalu banyak bisa meningkatkan resiko terjadinya pilling. Oleh karena itu kamu bisa menggunakan lebih sedikit skincare yang diperlukan saja, seperti hanya menggunakan basic skincare saja (cleanser, toner, moisturizer, dan sunscreen).

 

4. Aplikasikan Produk Dengan Cara Ditepuk-Tepuk

Mengaplikasikan skincare dengan cara menggosoknya akan meningkatkan resiko terjadinya pilling pada produk yang digunakan. Maka dari itu sebaiknya dilakukan dengan cara ditepuk-tepuk secara perlahan.

 

5. Lakukan Layering Dengan Urutan Yang Tepat

Layering di dalam skincare juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Biasanya skincare dilayer dari produk yang memiliki tekstur paling ringan (water based) ke produk yang memiliki tekstur lebih berat (oil based).

Hal ini akan membuat skincare yang lebih ringan dapat terserap lebih maksimal dan juga akan membuat kelembaban di kulit terjaga lebih lama.

 

6. Gunakan Face Mist

Selain memastikan skincare sebelumnya terserap sempurna, kamu bisa menggunakan face mist sebelum menggunakan skincare apapun. Karena kulit yang masih basah akan membuat skincare dapat lebih terserap.

Jadi setelah skincare sebelumnya terserap, kamu bisa semprotkan face mist ke wajah, lalu gunakan skincare berikutnya pada kulit yang masih basah.

 

7. Lakukan Eksfoliasi

Walaupun pilling yang terjadi merupakan gumpalan produk, bukan sel kulit mati. Namun dengan melakukan eksfoliasi secara rutin dua sampai tiga kali seminggu, akan membuat kulit lebih mudah menyerap skincare. Hal ini dikarenakan sel kulit mati bisa saja menghalangi skincare untuk terserap dan malah menyebabkan pilling.

 

Itulah beberapa hal tentang pilling yang terjadi saat menggunakan skincare. Jika setelah menerapkan tips-tips tersebut, tapi kamu masih merasakan pilling, bisa jadi produk-produk yang kamu gunakan tidak bisa dikombinasikan secara langsung. Jadi sebaiknya kamu cari kombinasi lainnya dan semoga tulisan kali ini bermanfaat buat kamu ya.

Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit atau gimana cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Website : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER