Pratista Skin Care

Perlukah Mengonsumsi Suplemen Untuk Kesehatan Kulit?

13 Apr 2021 Views : 4
Share :
Facebook Twitter Print

Selain menjaga kesehatan kulit dari luar dengan menggunakan skincare, kamu juga bisa menjaganya dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi suplemen kecantikan. Tapi apakah suplemen ini diperlukan? Kita langsung cari tahu jawabannya disini, yuk!

 

Apa Itu Suplemen?

Seperti namanya, suplemen merupakan produk yang dikonsumsi dengan tujuan untuk melengkapi asupan makanan dengan memberikan mikronutrien yang belum tercukupi dari makanan yang dikonsumsi. Suplemen dikemas dalam berbagai bentuk, seperti tablet, kaplet, pil, kapsul lunak, maupun cairan.

 

Kandungan Suplemen Kecantikan

Di dalam suplemen kecantikan sebenarnya tidak berbeda jauh dengan multivitamin pada umumnya. Biasanya kandungan dari suplemen kecantikan ini juga berupa mikronutrien seperti magnesium, zinc, kalsium, serta vitamin A, C, E, dll.

Dengan tercukupinya mikronutrien ini, maka metabolisme di tubuh kita menjadi lebih lancar yang juga akan berdampak ke kesehatan kulit kita.

Belakangan juga banyak suplemen yang memiliki kandungan kolagen dengan claim bisa meningkatkan jumlah kolagen pada kulit dan akan membuat kulit tampak lebih muda dan sehat.

 

Perlukah Mengkonsumsi Suplemen Kecantikan?

Efektifitas dari suplemen kecantikan tidak bisa dipukul rata ke semua orang. Karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Jika kamu sudah mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, suplemen sebenarnya tidak sepenuhnya diperlukan. Karena nutrisi yang berlebihan ini pada akhirnya akan dibuang melalui sistem sekresi (urine, keringat, ataupun bersama dengan kotoran).

Namun jika kamu tidak bisa mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, penggunaan suplemen ini sangat dianjurkan agar kebutuhan nutrisi harian kamu tetap terpenuhi. Namun yang perlu menjadi catatan adalah tubuh dapat menyerap nutrisi lebih baik dari makanan daripada pil. Maka dari itu, tetap cukupi kebutuhan nutrisi harian dari makanan yang kamu konsumsi ya.

Menurut Dr. Rebecca Tung, MD, dokter kulit dan profesor dermatologi di Loyola University Chicago, tidak ada orang yang asupan vitaminnya sempurna setiap hari. Jadi sebenarnya tidak ada salahnya juga jika kamu mengkonsumsi suplemen ini, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan saja.

 

Bagaimana Dengan Suplemen Kolagen?

Sama halnya dengan suplemen pada umumnya, suplemen kolagen sejatinya akan lebih bermanfaat ke orang yang sudah menginjak usia 25 tahun ke atas. Hal ini dikarenakan produksi kolagen akan menurun seiring bertambahnya usia.

Jadi tubuh yang kekurangan kolagen tentu akan menyerap kolagen dari suplemen tersebut dan memberikan efek yang bagus ke kulit orang tersebut. Namun bagi yang masih memiliki kolagen yang cukup di dalam tubuh, tentu tidak akan merasakan efek di kulitnya.

 

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Sebelum kamu memulai mengkonsumsi suplemen, ada baiknya kamu memperhatikan hal-hal berikut ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal:

 

1. Melakukan Pemeriksaan Di Lab

Jika kamu masih ragu apakah kamu memerlukan suplemen atau tidak, kamu bisa melakukan pemeriksaan di lab. Setelah melakukan pemeriksaan, kamu jadi mengetahui nutrisi apa yang kurang di dalam tubuh kamu, sehingga kamu bisa mengkonsumsi lebih banyak makanan dengan nutrisi tersebut. Atau kamu bisa mengkonsumsi suplemen yang tubuh kamu butuhkan secara spesifik.

 

2. Butuh Waktu

Hasil dari konsumsi suplemen tidak bisa langsung kamu rasakan dalam jangka pendek, apalagi untuk kesehatan kulit. Karena ada metabolisme yang dijalankan oleh tubuh. Setidaknya kamu butuh waktu 4-6 bulan hingga melihat hasilnya pada tubuh dan juga kulit kamu.

 

3. Konsultasikan Ke Dokter Bila Diperlukan

Jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu atau sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Hal ini dilakukan untuk mengurangi efek samping dari reaksi suplemen ke obat-obatan yang sedang kamu konsumsi.

 

Itulah beberapa hal tentang suplemen kecantikan. Suplemen tidak sepenuhnya dibutuhkan oleh tubuh. Namun jika kamu memang memiliki keterbatasan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tertentu, konsumsi suplemen sangat membantu untuk memenuhi nutrisi harian kamu. Semoga tulisan kali ini bermanfaat dan memperluas pemahaman kamu tentang suplemen kecantikan ya.

Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit atau gimana cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Website : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER