Pratista Skin Care

Pentingnya Double Cleansing Setiap Hari

14 Oct 2020 Views : 114
Share :
Facebook Twitter Print

Jika kamu tanya ke MinSta, “Kak, step skincare apa sih yang paling favorit?”. Tanpa ragu MinSta bakal ngejawab double cleansing! Karena puas banget perasaanya pas kotoran-kotoran di wajah yang terkumpul setelah seharian beraktivitas akhirnya dibersihin. Terus di step ini juga jadi bisa mijit-mijit wajah, terutama kalau menggunakan cleansing oil atau balm.

Apasih Double Cleansing?

Double cleansing adalah tahapan pertama dari skincare routine kamu yang berfungsi untuk membersihkan dari semua kotoran yang menempel, sisa skincare, make up, dan minyak berlebih yang ada pada wajah. Selain mengangkat kotoran, double cleansing juga dapat membuat skincare kamu dapat bekerja lebih efektif karena skincare-nya menempel langsung ke permukaan kulit yang bersih.

Kenapa disebut double? Jadi double cleansing ini terdiri dari dua tahapan, yaitu:

  1. First Cleansing

Tahapan ini menggunakan cleanser yang berbahan dasar minyak (oil based) dan berfungsi untuk mengangkat kotoran yang juga larut minyak, seperti sunscreen, make up, minyak berlebih di wajah, dll.

Jenis dari first cleanser ada banyak, seperti cleansing oil, cleansing balm, cleansing milk, dan cleansing cream.

Micellar water masih pro-kontra ya kak untuk dijadikan first cleanser. Tapi balik lagi ke kulit kamu, kalo memang ga cocok dengan oil based cleanser, mungkin bisa pake micellar water sebagai alternatif.

  1. Second Cleansing

Mungkin banyak yang sudah familiar sama tahap ini ya, soalnya sudah banyak banget diiklanin dimana-mana, produknya juga gampang dicari.

Tahapan ini menggunakan cleanser yang berbahan dasar air (water based) dan berfungsi untuk mengangkat kotoran yang larut air seperti debu polusi.

Jenis dari second cleanser seperti facial wash, facial foam, cleansing gel, dll.

Kapan Melakukan Double Cleansing?

Double cleansing biasanya dilakukan pada malam hari setelah beraktivitas, sedangkan pada pagi hari cukup bersihkan wajah dengan second cleanser atau bahkan dengan air saja sebetulnya sudah cukup. Tapi, kembali lagi ya kak. Untuk double cleansing ini kamu bisa sesuaikan waktunya dengan aktifitas yang kamu lakukan sehari-hari.

Manfaat Double Cleansing

Walau terdengar sepele, ternyata membersihkan wajah dengan double cleansing juga bisa memberikan manfaat lainnya juga, seperti:

  • Mencegah permasalahan kulit seperti jerawat dan komedo. Karena double cleansing membantu mengangkat kotoran dan membersihkan minyak berlebih secara menyeluruh.
  • Tahap skincare selanjutnya dapat bekerja maksimal karena menempel langsung di permukaan kulit yang bersih.
  • Membuat tekstur kulit menjadi lebih halus karena sel-sel kulit mati ikut terangkat sebagian. Tapi tetap lakukan eksfoliasi rutin minimal seminggu sekali ya, dan sesuaikan dengan kebutuhan kulitmu.
  • Membersihkan komedo karena oil based cleanser dapat mengangkat komedo kamu, terutama blackhead.

Nah, sekian dulu pembahasan MinSta tentang double cleansing. Semoga tulisan kali ini bermanfaat dan membuat kamu jadi lebih rajin melakukan double cleansing, ya. Berikut produk rekomendasi Cleanser dari Pratista :

 

Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit dan cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Wbsite : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER