Pratista Skin Care

Pengaruh Makanan Terhadap Kesehatan Kulit

12 Oct 2020 Views : 148
Share :
Facebook Twitter Print

Udah pakai skincare yang tepat untuk kulit kamu tapi jerawat masih aja suka muncul? Bisa jadi karena kamu masih mengonsumsi makanan yang dapat memicu inflamasi (jerawat) nih. Terutama jika jerawat kamu timbulnya di daerah pipi.

Selain skincare, kulit juga harus dirawat dari dalam, salah satunya adalah dengan makanan. Kira-kira makanan apa aja ya yang dapat memperparah inflamasi di kulit? Langsung simak pembahasan hari ini aja yuk.

Makanan Yang Dapat Menyebabkan Jerawat

  1. Karbohidrat Sederhana dan Gula

Karbohidrat sederhana sifatnya mudah dicerna di dalam tubuh yang menyebabkan gula darah meningkat. Kadar gula yang berlebih menyebabkan tubuh memproduksi insulin yang berhubungan membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak.

Contoh dari karbohidrat sederhana antara lain:

  •   Roti
  •   Nasi putih
  •   Pasta
  • Dessert yang manis-manis
  • Soda dan minuman manis
  1. Makanan Berminyak

Makanan yang diolah dengan cara digoreng akan mengandung banyak lemak jenuh yang kurang baik untuk kesehatan kulit. Apabila lemak jenuh ini dikonsumsi secara berlebihan dan terakumulasi di dalam tubuh, maka sirkulasi darah akan terhambat dan menyumbat pori-pori.

  1. Dairy Products

Walau belum ada penelitian yang menyatakan apa yang membuat susu dapat menyebabkan jerawat, akan tetapi banyak penelitian yang menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi susu akan lebih rentan berjerawat.

Ada beberapa teori yang muncul tentang susu ini seperti kandungan hormon dan laktosa lah yang memicu timbulnya jerawat. Untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca artikel yang MinSta tulis tentang pengaruh susu dan jerawat ya.

  1. Whey Protein Powder

Minuman ini biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang membangun otot. Namun tidak banyak yang tau ternyata di dalam whey protein dapat merangsang produksi hormon yang mirip insulin, atau insulin-like growth factor 1 (IGF1). Dengan meningkatnya hormon ini, produksi sebum pada kulit kita juga ikut meningkat sebagai awal mula terjadinya jerawat.

  1. Makanan Pemicu Alergi

Walaupun kamu sudah tidak mengkonsumsi makanan-makanan yang sudah disebutkan, tidak menutup kemungkinan kamu memiliki alergi terhadap beberapa makanan yang sebenarnya tidak memicu timbulnya jerawat. Namun karena kamu alergi, tubuh kamu jadi ber-reaksi dan memberikan sinyal dengan membentuk inflamasi di tubuh kamu, salah satunya terjadi pada kulit.

Makanan Yang Baik Untuk Kulit

  1. Ikan Berlemak (fatty fish)

Omega 3 yang terkandung di beberapa jenis ikan dapat bermanfaat untuk memperkuat skin barrier, menjaga kelembaban, dan mengeluarkan iritan dari dalam tubuh. Beberapa contoh ikan yang baik untuk kesehatan kulit adalah:

  • Salmon
  • Sarden
  • Mackerel
  1. Buah-buahan yang Kaya Vitamin C

Kandungan vitamin C dapat mengurangi garis halus dan mencegah penuaan dini. Beberapa contoh buah yang baik untuk kesehatan kulit adalah:

  • Jeruk
  • Strawberry
  • Paprika merah dan kuning
  • Anggur
  1. Makanan yang Kaya Antioxidant

Kandungan antioxidant seperti polyphenol dan lycopen dapat membantu melindungi kulit kita dari kerusakan akibat sinar matahari. Beberapa makanan yang mengandung antioxidant antara lain:

  • Green tea
  • Tomat
  • Olive oil
  • Berry
  • Dark chocolate (minimal 70% cacao)
  • Pomegranate
  • Almond
  • Olive oil
  1. Walnut

Jika kamu tidak bisa mengonsumsi ikan, walnut bisa menjadi alternatif makanan utnuk memenuhi kebutuhan omega-3 kamu. Selain omega-3, walnut juga mengadung nutrisi lainnya yang bagus untuk kulit seperti Zinc, vitamin E, dan selenium.

  1. Wortel

Kandungan beta-carotene sebagai precursor vitamin A yang dapat mengurangi produksi minyak, bahkan dapat membantu proses penyembuhan psoriasis.

  1. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak baik yang dapat membuat kulit menjadi lebih lembab. Selain itu alpukat juga mengandung vitamin E dan vitamin C yang bekerja sama sebagai antioxidant.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan vitamin A yang berfungsi sebagai antioxidant dan mempercepat skin cell turnover. Selain itu, di dalam sayuran hijau juga terkandung antioxidant untuk menangkal radikal bebas.

Beberapa contoh sayuran hijau seperti:

  • Kale
  • Bayam
  • Asparagus
  • Selada air
  1. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E, selenium, dan zinc yang tinggi. Tapi perhatikan cara pengolahannya ya, sebisa mungkin konsumsi yang diproses dengan cara dipanggang dan tanpa perasa tambahan.

  1. Brocolli

Kandungan Vitamin A dan C di dalam brokoli untuk membantu produksi kolagen. Selain itu, brokoli juga mengandung Vitamin K untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan menyamarkan dark circle pada mata.

  1.  Greek Yogurt

Kandungan vitamin B pada greek yogurt dapat membantu untuk proses detoksifikasi pada tubuh yang memberikan efek positif juga pada kesehatan kulit.

  1.  Kacang merah

Kacang merah kaya akan kandungan zinc yang secara tidak langsung juga dapat meningkatkan kualitas kesehatan kulit. Kamu bisa membaca artikel yang MinSta pernah buat tentang hubungan Zinc dan jerawat.

Nah itulah beberapa makanan yang dapat memicu inflamasi dan makanan yang bagus untuk kesehatan kulit. Semoga setelah membaca ini kamu jadi makin bisa meminimalkan konsumsi makanan pemicu inflamasi.

Tapi jangan sampai dibawa stres, yaa. Kalau memang lagi mau makan makanan yang “kurang sehat”, boleh-boleh aja asal tidak berlebihan dan diimbangi dengan pola hidup yang sehat, seperti minum air putih yang banyak, olahraga, dll. Lagi-lagi semuanya memang butuh proses, begitu juga dengan memperbaiki pola makan. Take your time, dibawa enjoy aja yaa.

Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit dan cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Wbsite : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER