Pratista Skin Care

JERAWAT GA ILANG-ILANG? : Kenali Penyebab Munculnya Jerawat serta Cara Mengatasinya

18 Sep 2020 Views : 214
Share :
Facebook Twitter Print

Kamu pasti udah ga asing sama jerawat, kan? Atau mungkin saat ini kamu sedang struggle gara-gara jerawat terus bermunculan? bisa jadi itu karena kamu belum menghindari penyebab dari jerawat kamu. Nah di tulisan kali ini kita bakal bahas apa aja penyebab timbulnya jerawat dan gimana cara mengatasinya.

Jadi, Jerawat atau acne itu merupakan salah satu gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak berlebih. Umumnya jerawat timbul akibat folikel rambut yang tersumbat oleh minyak (sebum) dan sel kulit mati yang menumpuk. Sumbatan ini dapat menyebabkan peradangan di dalamnya akibat bakteri P Acnes yang ditandai dengan benjolan dan biasanya berisi nanah.

Kalo kita lihat lebih luas, ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat, baik dari dalam maupun dari luar tubuh kita. Cara mengatasinya pun berbeda-beda tergantung dari penyebabnya.

Faktor internal

Kulit itu secara ga langsung bisa jadi representasi dari apa yang terjadi di dalam tubuh kita, lho. Beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Tingkat Stres

Saat sedang stres, tubuh kita akan memproduksi hormon kortisol yang membuat kulit kita memproduksi minyak lebih banyak. Stres juga akan membuat skin barrier menjadi terganggu, sehingga lebih rentan untuk timbul jerawat.

Selain hormon, tanpa disadari stres juga berdampak pada kebiasaan kita yang cenderung kurang menyehatkan. Beberapa contohnya seperti makan secara berlebihan, mengkonsumsi makanan manis, merokok, dll. Hal ini juga dapat memperparah kondisi jerawat.

Solusi: Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengendalikan stress, antara lain meditasi, menarik nafas dalam-dalam, olahraga, tidur yang cukup, ataupun mengobrol dengan teman.

  1. Hormon yang Kurang Seimbang

Jerawat akibat hormon yang kurang seimbang biasanya ditemui pada wanita, khususnya saat menjelang haid. Karena pada beberapa hari sebelum menstruasi, hormon testosteron akan meningkat yang menyebabkan produksi minyak menjadi lebih banyak dan meningkatkan resiko terjadinya inflamasi pada kelenjar minyak. Jerawat yang tumbuh akibat ketidakseimbangan hormon biasanya terdapat di daerah dagu, rahang, hingga leher.

Solusi: Menggunakan bahan aktif untuk mengontrol sebum seperti salycilic acid, retinoid, dll.

  1. Jam tidur yang kurang

Kurangnya jam tidur akan berdampak pada tingkat stres seseorang. Menurut WebMD, apabila kita kurang tidur selama 1 jam, maka tingkat stress akan meningkat sebanyak 14%. Hal ini menyebabkan hormon kortisol juga ikut meningkat dan menyebabkan produksi minyak yang berlebih.

Solusi: Perbaiki jam tidur setidaknya 7-9 jam dalam sehari.

  1. Genetik

Selain beberapa faktor yang sudah disebutkan di atas, jerawat juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Apabila terdapat keluarga yang memiliki kulit acne prone, maka ada kemungkinan kulit kamu juga rentan berjerawat.

Solusi: Tidak ada cara untuk menghilangkannya, tapi kamu bisa meminimalisirnya dengan menggunakan produk yang dapat mengontrol sebum seperti salycilic acid, retinoid, dll.

Faktor Eksternal

Selain dari dalam tubuh, kesehatan kulit juga dipengaruhi dari luar, di antaranya:

  1. Makanan

Sebenarnya belum ada riset yang menunjukkan hubungan makanan dan jerawat secara langsung. Namun memang ada beberapa jenis makanan yang memicu produksi minyak menjadi berlebihan, seperti makanan berminyak, berlemak (cokelat, kacang, telur), manis, dairy products (susu, keju, dll), dan makanan dengan indeks glikemik tinggi (roti putih, oat instan, semangka, dll).

Solusi: Kurangi konsumsi makanan yang disebutkan di atas dan perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya serat agar vitamin dan gizi tetap tercukupi. Selain itu sebaiknya minum 2-3 liter air per hari agar kulit tidak dehidrasi.

  1. Skincare yang kurang tepat

Beberapa kandungan skincare dapat menyebabkan iritasi pada kulit sebagian orang, terutama yang kulitnya sensitif.

Solusi: Cari tau kebutuhan kulit kita sendiri, sehingga bisa memilih produk mana yang akan kita gunakan. Selain itu hindari juga penggunaan bahan aktif yang berlebihan.

  1. Cuci muka kurang bersih

Kotoran pada wajah yang tidak dibersihkan secara maksimal akan meningkatkan kemungkinan terjadinya sumbatan pada pori-pori.

Solusi: Bersihkan wajah secara menyeluruh. Kalo mau kenal lebih dalam soal double cleansing, kamu bisa cek artikelnya disini (artikel tentang double cleansing). 

  1. Tidak menggunakan pelembab

Ga sedikit orang yang malas menggunakan pelembab, terutama yang kulitnya berminyak dengan alasan takut mukanya makin berminyak. Padahal pelembab juga sangat penting untuk kulit kamu. Dengan penggunaan pelembab yang tepat, itu akan membantu mengunci hidrasi di kulit kamu dan terhindar dari TEWL (Trans-epidermal Water Loss).

Penggunaan pelembab juga secara ga langsung akan membantu mengontrol minyak juga, lho. Jika kulit kita kehilangan hidrasi (dehidrasi), maka kulit akan memberikan sinyal ke kelenjar minyak untuk memproduksi minyak lebih banyak dan ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Kamu bisa cek artikelnya disini (artikel tentang cara memilih pelembab). 

Solusi: Gunakan pelembab yang nyaman di kulit kamu.

  1. Memegang-megang wajah

Biasanya kita tanpa sadar memegang wajah dengan tangan. Padahal di tangan kita juga ada banyak bakteri. Apabila tangan ini menyentuh wajah, maka bakteri akan berpindah ke wajah dan akan menimbulkan jerawat.

Solusi: hindari memegang-megang wajah. Bila dirasa perlu, cuci tangan terlebih dulu sebelum menyentuh wajah.

  1. Tidak membersihkan benda yang menempel ke wajah

Banyak benda yang akan bersentuhan dengan wajah, seperti sarung bantal, helm, smartphone, masker, dsb. Benda-benda tersebut sudah menjadi sarang bakteri apabila tidak dibersihkan dan akan berpindah ke wajah kita ketika bersentuhan.

Solusi: Membersihkan barang-barang tersebut secara rutin.

  1. Konsumsi Obat

Beberapa kandungan obat seperti corticosteroid, testosteron, iodine, ataupun lithium juga menyebabkan inflamasi pada kelenjar minyak dan dapat memicu timbulnya jerawat.

Solusi: Kurangi konsumsi obat-obatan dengan kandungan tersebut. Bila perlu konsultasikan dengan dokter.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan jerawat beserta cara mengatasinya. Apabila sudah menghindari berbagai penyebab yang sudah disebutkan di atas, tapi jerawat masih terus bermunculan, ada baiknya kamu konsultasikan langsung ke dokter di klinik pratista , Hal ini bertujuan agar keluhan kamu dapat diatasi degan segera dan dengan pengobatan yang sesuai.

Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit atau gimana cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Wbsite : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER