Pratista Skin Care

JERAWAT: Benarkah PCOS Dapat Menyebabkan Jerawat?

10 Oct 2020 Views : 32
Share :
Facebook Twitter Print

Udah pernah denger soal penyakit PCOS? Kali ini MinSta mau sharing tentang hal-hal yang berhubungan dengan PCOS, terutama kaitannya dengan jerawat. Jadi, ternyata beberapa penderita PCOS akan mengalami keluhan jerawat karena gangguan hormonal dari PCOS tersebut lhoo. Kalo kamu punya keluhan jerawat dan memiliki gangguan menstruasi kamu Wajib baca artikel ini.

Pengertian PCOS

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) adalah kelainan hormonal yang umumnya terjadi pada wanita. Kelainan ini membuat sel telur tidak bisa dilepaskan, kadar hormon androgen berlebih, dan terdapat kista yang muncul di dalam ovarium.

Beberapa contoh gangguan menstruasi yang terjadi pada penderita PCOS antara lain:

  • Menstruasi tidak lancar. Bahkan bisa Tidak menstruasi selama tiga bulan.
  • Menstruasi hanya berupa flek saja.
  • Siklus menstruasi yang panjang (oligomenorea), yaitu mendapatkan haid tiap 3 bulan pada tahun pertama setelah haid pertama kali, mendapatkan haid tiap 2 bulan sekali di tahun kedua setelah haid pertama, atau mendapatkan haid tiap 45 hari sekali.
  • Jarak antara menstruasi kurang dari 3 minggu, atau menstruasi terjadi lebih dari 7 hari.

Hubungannya dengan jerawat

PCOS dapat meningkatkan produksi androgen pada tubuh. Dimana jika hormon androgen berlebih, maka produksi sebum pada kulit juga akan meningkat yang akan membuat folikel rambut semakin mudah tersumbat dan akhirnya menjadi jerawat. Biasanya jerawat yang disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang ini muncul pada bagian dagu, rahang, dan leher bagian atas.

Cara menangani PCOS

Penanganan PCOS berbeda-beda tergantung gejala apa yang muncul. Untuk mengurangi gejalanya, dianjurkan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat seperti:

  • Berolahraga rutin selama 30 menit per hari dan 5 hari per minggu
  • Mengurangi konsumsi makanan manis
  • Mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah, seperti nasi merah, gandum utuh, kacang-kacangan, dll.
  • Tidur yang cukup
  • Minum banyak air putih
  • Jika diperlukan, konsumsi suplemen seperti Omega 3, Zinc, Vitamin C, D, dan E

Dengan gaya hidup yang sehat, fungsi insulin di dalam tubuh juga akan menjadi lebih efektif dan dapat meringakan keluhan jerawat pada kulitmu. Namun apabila gejala masih dirasakan, ada baiknya kamu konsultasikan langsung kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Itulah beberapa keterkaitan antara PCOS dan jerawat. Satu hal yang perlu diingat bahwa penyebab jerawat bukan hanya karena PCOS aja, tetapi banyak faktor yang mempengaruhi. Jadi daripada keliru, sebaiknya kamu konsultasikan ke dokter agar bisa mengetahui penyebab pasti dari jerawat di wajah kamu.

Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit atau gimana cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Wbsite : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER