Pratista Skin Care

JERAWAT : 9 Mitos yang Masih Dipercaya Banyak Orang

19 Nov 2020 Views : 177
Share :
Facebook Twitter Print

Jerawat sudah menjadi masalah yang umum terjadi saat ini. Namun ternyata tak sedikit orang yang masih mempercayai beberapa hal yang sebenarnya itu adalah mitos. Jadi apa aja ya mitos dari jerawat ini? Langsung ke poin pertama aja yuk.

1. Makan Cokelat Menyebabkan Jerawat

Faktanya cokelat justru mengandung antioksidan yang baik untuk kulit. Ternyata, bukan cokelat yang dapat memicu terjadinya jerawat, tetapi campuran lain yang biasanya dimasukkan ke dalam produk cokelat seperti susu dan gula yang harus kamu waspadai. Baca deh artikel pengaruh gula dan susu terhadap jerawat di link ini ya. 

Cokelat hitam juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko stroke, menunda proses penuaan, menurunkan risiko diabetes, dan memperbaiki suasana hati atau mood.

2. Kacang Menyebabkan Jerawat

Sama seperti cokelat, kacang justru memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh kita seperti protein, vitamin B, kalium, zinc, dll. Studi dari American Academy of Dermatology dan The Journal American Medical Association menyatakan bahwa cara pengolahan kacang yang kurang tepatlah yang dapat menyebabkan jerawat.

Kacang sebaiknya diolah dengan cara dipanggang atau direbus, ketimbang digoreng. Hal ini dikarenakan proses penggorengan bisa meningkatkan kadar lemak jenuh yang sering memicu permasalahan pada kulit.

3. Sunscreen Menyebabkan Jerawat

Mitos ini muncul karena sunscreen biasanya diformulasikan bersama mineral oil, butter, para-aminobenzoic acid (PABA), dan kandungan comedogenic lainnya. Nah kandungan inilah yang biasanya dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat bagi pemilik kulit sensitif dan rentan berjerawat.

Maka dari itu kalau kamu kulitnya rentan berjerawat, disarankan menggunakan physical sunscreen atau yang memiliki label "oil free" atau "non-comedogenic" untuk meminimalkan resiko menyumbat pori-pori. Dan MinSta mau ingetin lagi nih kalo sunscreen itu harus banget ada di skincare routine kamu ya, baca juga soal pentingnya pakai sunscreen di link berikut.

4. Sering Membersihkan Wajah Bisa Menghilangkan Jerawat

Banyak yang masih beranggapan mereka berjerawat karena kondisi wajah yang kotor dan berujung mencucinya terlalu sering. Padahal dengan terlalu sering membersihkan wajah, maka natural oil yang ada di kulit kamu akan terkuras. Jika natural oil kamu hilang, maka kulit akan memproduksi lebih banyak minyak dan pada akhirnya dapat lebih mudah menyumbat pori-pori.

Untuk itulah membersihkan wajah sebaiknya dilakukan 2 kali sehari pada pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur, atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan kulit serta aktivitas kamu. Selain itu gunakanlah cleanser yang gentle agar tidak memicu inflamasi yang lebih parah.

5. Jerawat Hanya Tumbuh Pada Usia Remaja

Faktanya ada sekitar 25% dari pria dewasa dan 50% dari wanita dewasa yang masih mengalami kendala jerawat. Penyebabnya sebagian besar dikarenakan hormon yang kurang seimbang (dikarenakan menopause, kehamilan, menstruasi, atau stres), makan sembarangan, sedang mengikuti pengobatan tertentu, atau produk skincare yang kurang tepat.

Maka dari itu, sebaiknya kamu tetap menjaga pola hidup sehat dan menggunakan skincare yang tepat untuk mencegah timbulnya jerawat.

6. Pasta Gigi Bisa Mengobati Jerawat

Banyak yang mengatakan pasta gigi dapat membuat jerawat menjadi lebih cepat kering karena kandungan menthol nya. Tapi ternyata kandungan menthol ini dapat membuat kulit di sekitarnya menjadi ikutan kering dan dapat menimbulkan iritasi yang pada akhirnya dapat memperparah inflamasi. Biasanya ditandai dengan timbulnya rasa gatal.

Maka dari itu, ketimbang menggunakan pasta gigi, gunakanlah spot treatment yang dikhususkan untuk jerawat. Terutama yang memiliki kandungan salicylic acid, tea tree, sulfur, calamine, dll yang bagus untuk menyembuhkan jerawat.

7. Sinar Matahari Dapat Mencegah Terjadinya Jerawat

Faktanya paparan sinar matahari akan membuat proses penuaan dini bahkan kanker kulit. Selain itu, sinar matahari juga dapat membuat kulit kamu menjadi kering dan kekurangan natural oil, yang berdampak pada produksi minyak yang lebih banyak dan memperparah kondisi jerawat kamu.

Sampai saat ini belum ada penelitian yang menyatakan bahwa sinar matahari dapat membantu penyembuhan jerawat. Namun memang sinar matahari dapat membantu proses pembentukan vitamin D pada tubuh yang juga memberikan dampak positif pada jerawat. Tapi kamu sebaiknya tetap gunakan sunscreen saat berjemur ya.

8. Mencetin Jerawat Biar Cepet Hilang

Mencetin jerawat bisa memperburuk kondisi dengan menyebarkan isi jerawat yang ada bakterinya ke bagian wajah lainnya. Selain itu mencetin jerawat juga bisa menimbulkan masalah kulit lainnya, yaitu bekas jerawat, berupa bopeng maupun PIE (Post-Inflammation Erythema) dan PIH (Post-inflammatory Hyperpigmentation) yang lebih lama proses pemulihannya.

Maka dari itu, sebaiknya tidak menyentuh wajah kamu apalagi pada jerawatnya. Bila perlu gunakanlah acne patch agar jerawat kamu terlindungi dari lingkungan luar.

9. Semakin Potent Kandungan Suatu Produk Maka Semakin Efektif Untuk Menyembuhkan Jerawat

Kandungan yang semakin tinggi tidaklah membuatnya semakin efektif dalam menyembuhkan jerawat. Semuanya tergantung dari jenis dan toleransi dari kulit kamu. Ada orang yang menggunakan kandungan tertentu dengan konsentrasi kecil saja sudah terjadi iritasi.

Maka dari itu, kenali jenis kulitmu dan perhatikan reaksi kulit kamu terhadap bahan aktif dengan konsentrasi tertentu sampai ditemukan konsentrasi maksimal yang dapat ditoleransi oleh kulit kamu. Bila perlu konsultasikan langsung dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.

Itulah 9 mitos tentang jerawat yang sampai saat ini masih cukup banyak dipercaya banyak orang. Semoga setelah membaca tulisan ini, kamu jadi bisa lebih aware dan ga kemakan info mitos-mitos belaka.

Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit dan cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Wbsite : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER