Pratista Skin Care

GULA DAN JERAWAT: Apasih Hubungannya?

28 Sep 2020 Views : 97
Share :
Facebook Twitter Print

Siapa disini yang suka konsumsi makanan manis? Kayaknya kamu harus mulai ngebatasin nih. Kamu pasti sudah sering denger kalo makanan dengan kandungan gula yang tinggi bisa menyebabkan diabetes ya. Tapi, ternyata kadar gula yang tinggi dalam makanan atau minuman juga dapat menyebabkan jerawat lhoo. Tau ga sih kenapa gula bisa menyebabkan jerawat? Di tulisan ini bakal kita kupas tuntas!

Pengaruh gula pada jerawat

Sebenarnya sih gula tidak berdampak langsung terhadap jerawat, namun ada banyak proses yang terjadi di dalam tubuh kita sampai akhirnya terjadi inflamasi, salah satunya menjadi jerawat.

Secara sederhana, gula dan makanan dengan indeks glikemik yang tinggi, akan cepat dicerna dan meningkatkan gula darah di dalam tubuh kita. Karena kadar gula yang tinggi, maka tubuh akan memproduksi hormon insulin lebih banyak untuk mengubah gula darah ini menjadi energi.

Kadar insulin yang tinggi inilah yang dapat meningkatkan produksi minyak dan memperbesar kemungkinan penyumbatan pori-pori dan akhirnya menimbulkan jerawat.

Alternatif pemanis yang lebih aman dibandingkan gula pasir

Jika kamu belum bisa mengurangi konsumsi makanan manis, ada baiknya kamu mengganti jenis gula yang digunakan dengan pemanis lainnya yang lebih sehat, seperti:

  • Madu
  • Stevia
  • Maple syrup
  • Dll.

Kalau terpaksa konsumsi banyak gula, gimana?

Jika kamu terpaksa harus mengkonsumsi gula dalam jumlah yang banyak, misalkan saat pesta ulang tahun, atau sedang ada di acara tertentu. MinSta ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir terjadinya breakout nih, yaitu dengan cara:

  1. Olahraga dapat membantu tubuh kamu supaya gula tersebut menjadi energi ketimbang menyimpannya yang dapat menyebabkan inflamasi.
  2. Konsumsi lemak baik, seperti kacang-kacangan untuk memperlambat proses pencernaan kamu.
  3. Minum air putih untuk menurunkan konsentrasi gula darah. Tapi jangan minum terlalu banyak dalam satu waktu yang justru akan berdampak negatif pada tubuh kamu.
  4. Tidur yang cukup dapat membantu mengontrol hormon kortisol yang juga berhubungan langsung dengan produksi gula darah.
  5. Perbaiki esok hari dengan mengkonsumsi makanan tinggi lemak, tinggi protein,serta rendah karbo untuk menstabilkan gula darah
  6. Prinsip “Ya udahlah!”, ya setelah kamu konsumsi makanan tinggi gula jangan sampe kebawa stres. Toh, udah masuk perut, jadi ya udah, jalanin hari kayak biasa aja hehe.
  7. Gunakan skincare yang cocok di kulit itu wajib banget buat prevent jerawat, terutama skincare dengan kandungan salicylic acid yang bisa bantu kontrol produksi minyak pada wajah kamu.

Itulah beberapa hal tentang hubungan gula dan jerawat. Dengan mengurangi konsumsi gula, kamu tidak hanya membantu proses perbaikan pada kulit, tetapi kamu akan merasakan peningkatan kesehatan di tubuh kamu secara keseluruhan.

Jadi walaupun makanan manis memang nikmat, ada baiknya kamu membatasi konsumsi gula agar tidak berlebihan dan berdampak buruk untuk kesehatan kamu, ya..!

Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit atau gimana cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Wbsite : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER