Pratista Skin Care

DOUBLE CLEANSING : Step Penting yang Mempengaruhi Hasil Skincare-an Kamu

03 Sep 2020 Views : 90
Share :
Facebook Twitter Print

Setelah seharian beraktivitas, pasti banyak kotoran, debu, ataupun sisa makeup, yang menempel pada kulit kita.  Sama seperti membersihkan badan dengan mandi, kita juga harus membersihkan wajah (cleansing) kita secara rutin. Selain untuk mengangkat kotoran, membersihkan wajah dapat membuat skincare lainnya (seperti serum, essence, dan krim) bekerja dengan lebih efektif karena menempel langsung ke permukaan kulit yang bersih, sehingga dapat terserap kedalam kulit secara optimal.

Perlu diketahui juga kalau salah satu penyebab timbulnya jerawat yang paling sering adalah karena proses mencuci wajah yang Tidak optimal atau kurang bersih.

Double Cleansing

Produk yang digunakan untuk  membersihkan wajah berbeda dengan sabun mandi ya. Secara umum cleansing sendiri terdiri dari dua tahapan atau yang biasa disebut dengan double cleansing, tahapannya terdiri dari:

  1. First Cleansing

Tahapan ini menggunakan cleanser yang berbahan dasar minyak (oil based) dan berfungsi untuk mengangkat kotoran yang juga larut minyak, seperti sunscreen, make up, minyak berlebih di wajah, dll. Jenis dari first cleanser ada banyak, seperti cleansing oil, cleansing balm, cleansing milk, dan cleansing cream. Untuk kamu yang ga cocok dengan oil based cleanser, bisa pake micellar water sebagai alternatif.

  1. Second Cleansing

Mungkin banyak dari kamu yang sudah familiar sama tahap ini ya, soalnya sudah banyak banget diiklanin dimana-mana, produknya juga gampang dicari. Tahapan ini menggunakan cleanser yang berbahan dasar air (water based) dan berfungsi untuk mengangkat kotoran yang larut air seperti debu polusi. Jenis dari second cleanser seperti cleansing foam, cleansing gel, dll.

Double cleansing hanya dilakukan pada malam hari setelah beraktivitas di luar ruangan, atau saat menggunakan sunscreen atau make up. Sedangkan pada pagi hari cukup bersihkan wajah dengan second cleanser atau bahkan dengan air saja sebetulnya juga sudah cukup.

Teknik 60 Second Rule

Biasanya kita cuci muka mungkin sekitar 15-20 detik, dan itu banyak bagian yang terlewat, seperti hairline, sela-sela hidung, alis, jawline, bawah telinga, di antara mata, leher, dll. Coba kamu perhatikan deh ada jerawat ga di daerah itu, kemungkinan besar karena cleansingnya kurang bersih tuh.

Nah, di tulisan ini aku mau kenalin kamu sama salah satu teknik cleansing, yaitu teknik #60SecondRule. teknik ini dikenalin sama LaBeautyologist. Jadi masing-masing cleanser digunakan selama 60 detik, agar cleanser mendapatkan waktu untuk bekerja di kulit. Teknik ini digunakan tanpa menggunakan cleansing tools tambahan dan gosoknya gentle aja ya, jangan keras-keras. Dengan waktu 60 detik, semua area wajah dapat dijangkau dan dibersihkan secara menyeluruh.

Tips

Berikut ada beberapa tips untuk melakukan double cleansing:

  • Cari produk dengan pH yang mendekati pH kulit, sekitar 4.5 - 5.5. Karena pH yang tinggi bisa merusak skin barrier kulit.
  • Jangan lupa bersihin daerah hairline, alis, sela-sela hidung, jawline, bawah telinga, dan leher yaa. Karena biasanya daerah ini suka ke-skip dan nimbulin komedo atau jerawat.
  • Untuk pemula, cari second cleanser dulu sampe ketemu yang cocok dan nyaman di kulit, setelah itu baru cari first cleanser
  • Pijat wajahnya gentle aja ya, biarin cleanser yang bekerja untuk mengangkat kotoran. Mungkin kita pernah mikir kalo semakin kenceng, bakal semakin bersih. Nope! Salah besar, malah kalo kenceng-kenceng itu bakal menimbulkan iritasi dan kemerahan buat yang kulitnya sensitif.

Teknik Double cleansing ini bener-bener kita rekomendasiin terutama buat kamu yang kulitnya gampang muncul komedo atau jerawat. Coba deh usahain banget cari kombinasi first dan second cleanser yang cocok dan nyaman dikulit kamu. Rutinin satu sampai dua minggu. Dijamin bakal ngerasain bedanya, tekstur kulit jadi lebih halus, komedo berkurang atau jadi gampang di ekstraksi. Jerawatpun lama kelamaan bisa lebih terkontrol, ga muncul terus-terusan.

Karna Minsta sendiri dan konsumen-konsumen Pratista pun banyak yang ngerasain sendiri dan hasilnya bener-bener terasa signifikan.

Sekian dulu soal double cleansingnya. Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit dan cara milih cleanser yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Wbsite : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER