Pratista Skin Care

Centella Asiatica : Selain Memberikan Efek Calming, Ternyata Punya Segudang Manfaat untuk Kulit

25 Mar 2021 Views : 5
Share :
Facebook Twitter Print

Siapa yang sudah tahu tentang centella asiatica? Mungkin sebagian besar orang sudah mengenal tentang kandungan ini ya. Karena memang cukup populer dan memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kulit. Buat kamu yang belum tahu, kali ini MinSta mau kupas tuntas ya tentang kandungan ini.

Centella asiatica atau di Indonesia dikenal dengan nama daun pegagan merupakan kandungan yang didapatkan dari tumbuhan gotu kola (tiger grass). Centella asiatica memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti:

1. Mengurangi Peradangan

Kandungan saponin yang ada pada centella asiatica mampu meredakan iritasi kulit dengan cara menghambat sel-sel yang memicu peradangan.

Berdasarkan hasil riset, centella asiatica juga dapat meringankan gejala penyakit kulit tertentu, seperti dermatitis, psoriasis, scleroderma, dan juga eksim atopik. Namun penelitian masih terus dilakukan untuk membuktikan ini.

 

2. Menjaga Kelembaban dan Hidrasi Kulit

Ekstrak dari centella asiatica dapat meningkatkan kadar sebum alami pada kulit, sehingga kelembaban kulit dapat lebih terjaga.

Selain itu, kandungan saponin yang ada pada tanaman ini juga dapat mempertahankan air lebih lama dan mencegah kadar air menguap dari lapisan terluar kulit. Hal ini akan membuat kulit kamu terhindar dari dehidrasi.

 

3. Mencegah dan Dapat Meminimalisir Kerusakan Kulit

Centella asiatica juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan phenolic acid. Kedua kandungan ini dapat mengurangi peradangan dan juga melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini.

 

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Centella asiatica juga biasanya disebut tiger grass, karena saat harimau mengalami luka, biasanya mereka menggosokkan lukanya di rumput ini. Jadi kandungan ini juga cukup populer karena memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka juga pada kulit manusia.

Kandungan ini juga bisa digunakan untuk luka bakar karena mampu meningkatkan produksi kolagen, serta mempercepat proses pembentukan sel kulit baru.

Berikut rekomendasi Centella Series Pratista

 

Jika kamu tertarik menggunakan kandungan ini, kamu bisa mulai menggunakan produk dengan konsentrasi 2,5% sampai 5%. Tapi jika sedang hamil atau menyusui, sebaiknya tetap konsultasikan dengan dokter kandungan kamu terlebih dahulu ya.

Oke, itulah beberapa kebaikan centella asiatica yang punya segudang manfaat untuk kulit. Semoga tulisan kali ini bermanfaat buat kamu ya.

Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit atau gimana cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Website : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER