Pratista Skin Care

Cegah Sebelum Terlambat, Kenali 8 Kesalahan dalam Penggunaan Skincare Bagi Pemula

04 May 2021 Views : 1
Share :
Facebook Twitter Print

Kamu pernah ga sih ngerasa sudah pakai skincare yang memiliki kandungan yang bagus banget, tapi kok ga terlalu ngefek di kulit? Kalo iya, kemungkinan ada kesalahan yang kamu lakukan nih saat mengaplikasikan skincare tersebut. Kali ini MinSta mau ngebahas tentang kesalahan yang sering terjadi saat menggunakan skincare. Kira-kira apa aja ya? Langsung kepoin tulisan kali ini, yuk!

 

Cuci Muka Terlalu Sering

Banyak yang masih beranggapan mereka berjerawat karena kondisi wajah yang kotor dan berujung mencucinya terlalu sering. Padahal dengan terlalu sering membersihkan wajah, maka natural oil yang ada di kulit kamu akan terkuras. Jika natural oil kamu hilang, maka kulit akan memproduksi lebih banyak minyak dan pada akhirnya dapat lebih mudah menyumbat pori-pori.

Untuk itulah membersihkan wajah sebaiknya lakukan 2 kali sehari pada pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur, atau sesuaikan dengan aktifitas dan kebutuhan kulit kamu. Selain itu gunakanlah cleanser yang gentle agar tidak memicu inflamasi yang lebih parah.

Sebenarnya ada beberapa kesalahan lagi yang biasa terjadi saat cleansing, MinSta udah bahas di artikel terpisah ya.

 

 

Eksfoliasi Berlebihan

Eksfoliasi sebaiknya dilakukan 2-3 kali seminggu, atau bisa disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing. Apabila kulitnya sensitif, sebaiknya diberi jeda waktu lebih lama. Namun jika kulitnya berminyak bisa lakukan eksfoliasi 2-4 kali seminggu.

Jeda ini dilakukan untuk memberikan waktu kepada kulit agar bisa melakukan regenerasi. Apabila kita lakukan eksfoliasi setiap hari, nanti malah menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan rentan mengalami kemerahan.

Selain eksfoliasi yang berlebihan, ada beberapa kesalahan lagi yang biasanya terjadi saat eksfoliasi, seperti menggosok terlalu keras, belum punya basic skincare, dll. Kamu bisa cek lebih detail tentang kesalahan dalam eksfoliasi pada artikel yang terpisah ya.

 

Gonta Ganti Produk Terlalu Sering

Suatu produk itu membutuhkan waktu setidaknya 14-28 hari untuk memperlihatkan hasilnya (sesuai dengan waktu pergantian sel kulit). Maka dari itu sebaiknya kamu tidak terlalu cepat menilai suatu produk dalam hitungan hari dan langsung menggantinya.

Selain karena produknya belum bekerja maksimal, mengganti produk yang terlalu sering juga dapat membuat kulit mengalami stres dan dapat merusak skin barrier. Rusaknya skin barrier tentu akan menimbulkan masalah kulit lainnya, seperti jerawat, kulit kusam, dll.

 

Tidak Melakukan Patch Test

Saat membeli skincare baru rasanya kita ga sabar ingin mencoba ke seluruh muka ya? Eits, tapi kamu jangan terburu-buru dulu. Karena tidak semua skincare bakal cocok di kulit kamu.

Yang kamu harus lakukan adalah patch test di beberapa bagian, seperti area rahang, leher, dan pipi selama beberapa hari untuk melihat reaksi kulit kamu terlebih dahulu. Apabila tidak ada reaksi negatif, baru mulai aplikasikan ke seluruh wajah.

 

Tidak Menggunakan Skincare Sesuai Jenis Kulit

Terdengar klise, tetapi bagi orang awam terkadang salah memilih jenis skincare sehingga tidak sesuai dengan jenis kulit yang mereka miliki. Kesalahan ini biasanya terjadi jika kamu belum memahami betul apa sebenarnya jenis kulit kamu. Buat kamu yang belum tau cara menentukan jenis kulit, bisa cek artikelnya disini.

Secara umum, bagi pemilik kulit berminyak akan lebih cocok ke produk skincare yang ringan dan "oil-free" sehingga tidak menambah kadar minyak pada kulit yang dapat menyumbat pori. Produk yang ringan biasanya berbahan dasar air (water based) seperti gel ataupun gel-cream.

Berbeda dengan pemilik kulit kering yang membutuhkan tekstur produk yang lebih berat dan biasanya berbahan dasar minyak (oil based). Gunanya untuk menambahkan kadar minyak dan kelembaban pada kulit mereka. Produk yang bisa digunakan biasanya berupa cream atau facial oil.

Meskipun begitu, teori hanyalah teori. Lagi-lagi kamu harus eksplorasi sendiri kandungan skincare yang cocok di kulit kamu. Oh iya, cocok disini dalam artian nyaman di kulit dan tidak menyebabkan breakout pastinya.

 

Kesalahan Layering

Melakukan layering skincare memang cukup tricky dan terkadang bisa berbeda antara setiap orang. Umumnya, skincare dilayer dari tekstur yang paling cair, hingga paling pekat. Bisa juga dikatakan dari yang water-based hingga oil-based.

Maka dari itu skincare biasanya diurutkan dari toner, kemudian essence, serum, dan dikunci dengan pelembab dengan tekstur cream.

Layering yang salah bisa menyebabkan produk kurang bekerja maksimal, menggumpal (pilling), atau bahkan bisa menyebabkan breakout, lho. Jadi kamu harus berhati-hati saat melakukan layering ya, terutama saat layering bahan aktif.

Bagi pemula, ada beberapa bahan aktif yang sebaiknya tidak kamu gunakan berbarengan, seperti:

  • Retinoid dan AHA BHA
  • Retinoid dan vitamin C
  • Benzoyl peroxide dan vitamin C
  • Benzoyl peroxide dan retinol
  • Menggabungkan terlalu banyak skin care dengan kandungan asam (glycolic dan salicylic acid, glycolic dan lactic acid, dan lainnya).

 

Menggunakan Terlalu Banyak Produk

Tidak sedikit orang yang berpikir semakin banyak produk yang digunakan, maka benefit yang didapatkan juga akan semakin banyak juga. Pernyataan ini tidak sepenuhnya salah. Namun tidak bisa diaplikasikan untuk semua orang. Karena bisa saja kulit kamu hanya membutuhkan skincare yang simple asal tepat sasaran.

Bahkan sebetulnya kulit kita hanya membutuhkan basic skincare saja yang hanya terdiri dari 4 tahapan, yaitu cleansing, toning, moisturizing, dan protecting.

 

Menggunakan Produk Tidak Sesuai Takaran

Terkadang kita menginginkan skincare yang kita gunakan dapat bekerja semaksimal mungkin, dan membuat kita menggunakan skincare lebih banyak dari takaran yang dianjurkan. Pandangan ini agak keliru, karena takaran sebuah produk itu sudah dilakukan riset dan dilakukan uji coba berkali-kali sehingga mendapatkan takaran yang pas agar bisa bekerja secara efektif tanpa efek samping yang terlalu banyak.

Menggunakan skincare yang lebih banyak dari takaran yang dianjurkan malah akan membuat kulit kamu lelah dan semakin mudah teriritasi dari kandungan yang dimiliki skincare tersebut.

 

Nah itu dia delapan kesalahan yang biasa terjadi saat menggunakan skincare. Kamu masih melakukan kesalahan yang disebutin di atas gak? Semoga setelah membaca ini kamu jadi mengurangi kebiasaan ini ya. Kamu juga boleh banget share ini ke sosial media kamu biar makin banyak orang yang tau tentang hal ini.

Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit atau gimana cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Website : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER