Pratista Skin Care

Blackhead vs Whitehead: Perbedaan Hingga Cara Mengatasinya

27 Mar 2021 Views : 4
Share :
Facebook Twitter Print

Kamu sudah tahu belum bedanya blackhead dan whitehead? Kalau belum, pas banget kali ini MinSta mau ngebahas keduanya nih, mulai dari perbedaan sampai cara mengatasinya. Langsung aja masuk ke pembahasan, yuk!

 

Apa itu Komedo?

Komedo sebenarnya merupakan salah satu bentuk jerawat yang terbentuk akibat adanya sumbatan pada folikel rambut. Namun berbeda dengan jenis jerawat yang sering kita temui (seperti pustule, papule, dan cystic), komedo merupakan jenis jerawat yang tidak mengalami inflamasi karena tidak terkontaminasi dengan bakteri. Komedo sendiri ada dua jenis, ada yang berwarna hitam (blackhead) dan putih (whitehead).

 

Komedo Hitam (Blackhead)

Komedo hitam terbentuk karena adanya produksi minyak berlebih, sel kulit mati, hingga kotoran yang menumpuk dan menyumbat pori-pori.

Sumbatan pada komedo hitam terjadi pada pori-pori yang terbuka. Dikarenakan pori-porinya terbuka, maka sumbatan ini terkena udara luar dan terjadi oksidasi. Proses oksidasi inilah yang menyebabkan campuran minyak, sel kulit mati, dan kotoran berubah warna menjadi kehitaman.

 

Komedo Putih (Whitehead)

Sama-sama terbentuk dari sumbatan pori-pori berbeda dengan blackhead, sumbatan yang ada pada whitehead terjadi pada pori-pori yang lebih kecil. Sehingga permukaannya tidak terbuka dan tidak teroksidasi dengan udara luar. Maka dari itu warnanya akan tetap putih.

 

Cara Mengatasi Komedo

Siapa disini yang suka mencetin komedo? Walau bikin puas, tapi dengan memencetnya tidak akan mengeluarkan semua isinya. Malah ini akan membuat penampakan pori-pori akan lebih besar.

Cara mengatasi komedo dengan benar adalah dengan mengangkat minyak berlebih, sel kulit mati, dan juga kotoran yang menyebabkan sumbatan pada pori-pori. Mungkin kamu sudah familiar dengan teknik ini, yup, eskfoliasi.

Namun selain eksfoliasi, ada beberapa cara lagi yang bisa kamu lakukan, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi komedo:

1. Double Cleansing

Untuk keluhan komedo ini MinSta sangat menganjurkan kamu melakukan Double Cleansing (membersihkan wajah dengan 2 jenis cleanser) untuk membantu mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori.

Produk Rekomendasi dari Pratista untuk Double Cleansing

 

2. Eksfoliasi

Kamu bisa melakukan physical maupun chemical exfoliation. Untuk chemical exfoliation, AHA dan BHA memiliki fungsi yang berbeda. Jika kamu ingin mengatasi whitehead, kamu bisa gunakan AHA, seperti glycolic acid, lactic acid, dll untuk membuka pori-pori sehingga isinya dapat keluar dengan lebih mudah.

Pratista Dermapure Cream yang mengandung AHA 4,81%

 

Namun jika kamu ingin mengatasi blackhead, kamu bisa menggunakan BHA, seperti salicylic acid yang bisa masuk lebih dalam ke dalam pori-pori. Sehingga blackhead dapat terangkat dan minyak pada kulit juga dapat lebih terkontrol.

Pratista Acne Serum yang mengandung BHA 1,6%

Lakukan eksfoliasi rutin sesuai dengan kebutuhan kulitmu ya, supaya tidak terjadi over-eksfoliasi.

 

3. Gunakan Skincare Yang Tepat

Selain melakukan eksfoliasi, kamu juga bisa menggunakan skincare dengan kandungan retinoid. Seperti yang kita tahu retinoid bisa mempercepat proses regenerasi sel kulit, sehingga sel kulit mati akan terangkat dan tidak menumpuk pada kulit kamu.

Pratista Retinoid Night Cream yang mengandung HPR 2%

 

4. Gunakan Strip Komedo

Untuk blackhead, kamu juga bisa menggunakan strip komedo agar blackhead dapat terangkat. Tapi kamu harus tetap menggunakan skincare yang calming ya setelahnya agar tidak terjadi iritasi yang tidak diinginkan.

Satu hal yang perlu diketahui, yaitu blackhead dan whitehead akan selalu muncul jika tidak dirawat. Jika kamu masih bingung bagaimana membasmi komedo, jangan ragu pergi ke klinik kecantikan untuk berkonsultasi dan melakukan treatment yang tepat. Kamu bisa konsultasikan dengan dokter klinik Pratista ya kak.

 

Itulah beberapa perbedaan mendasar tentang whitehead dan blackhead. Walau sama-sama komedo, ternyata cara mengatasinya bisa berbeda. Jadi lakukan penanganan sesuai dengan jenis komedo kamu ya.

Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit atau gimana cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Website : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER