Pratista Skin Care

Berapa sih USIA yang Tepat untuk Mulai SKINCARE-an?

24 Sep 2020 Views : 74
Share :
Facebook Twitter Print

Jika saat ini kamu menginjak usia remaja dan mulai memperhatikan kesehatan kulit, good for you! Tapi mungkin kamu bingung apakah di usia sekarang sudah boleh menggunakan skincare atau belum. Nah kali ini MinSta mau membahas tentang kapan baiknya kita mulai menggunakan skincare.

Skincare pemula untuk remaja

Sebenarnya tidak ada batasan usia jika kita berbicara soal perawatan kulit. Bahkan sunscreen dianjurkan untuk digunakan sejak baru berusia 6 bulan. Jika kamu baru menginjak usia remaja, kamu sebaiknya menggunakan basic skincare routine, yang terdiri dari:

  • Double cleansing menggunakan produk yang gentle
  • Toning menggunakan hydrating toner untuk menghidrasi wajah
  • Moisturizing tanpa ada kandungan bahan aktif untuk menjaga hidrasi dan kelembaban pada wajah
  • Protecting menggunakan sunscreen minimal SPF 15 untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari (untuk anak-anak sebaiknya gunakan physical sunscreen untuk meminimalkan iritasi)

Namun jika kamu merasa basic skincare ini belum cukup, yang ditandai dengan kulit menjadi kusam, pori-pori tersumbat, dan lain-lain. Mungkin ini saatnya kamu naik level. Kamu boleh mulai memasukkan produk eksfoliasi, vitamin C, atau bahan aktif lainnya yang sesuai kebutuhan kulit kamu ke dalam skincare routine kamu.

Tapi satu hal yang menjadi catatan, apabila kamu belum pernah menggunakan bahan aktif tersebut sebelumnya, sebaiknya kamu gunakan produk-produk tersebut dengan konsentrasi yang kecil dan formulasi yang gentle untuk digunakan. Serta, jangan lupa lakukan patch test setiap kali kamu menggunakan produk baru ya.

Usia yang tepat untuk menggunakan setiap jenis skincare

Dikutip dari laman The Healthy  dan berbagai sumber lainnya, penggunaan skincare bergantung pada jenisnya, yaitu:

  1. Sunscreen

Sunscreen sebaiknya digunakan sejak berusia 6 bulan. Untuk anak-anak dianjurkan untuk menggunakan physical sunscreen agat terhindar dari efek iritasi. Pemilihan sunscreen juga sebaiknya minimal SPF 15 dan memiliki perlindungan terhadap UVA dan UVB.

  1. Produk eksfoliasi atau scrub

“Eksfolian dianjurkan dipakai sejak usia remaja untuk membersihkan pori-pori, melindungi kulit wajah dari jerawat, serta mengangkat sel kulit mati,” ujar Gerald Imber, MD, dari Klinik Youth Corridor, AS, seperti dikutip di Reader’s Digest.

Menggunakan produk eksfoliasi sebaiknya dilakukan maksimal dua kali seminggu agar tidak terjadi over eksfoliasi dan menyebabkan masalah baru. Tapi balik lagi ya, kamu dapat sesuaikan dengan kebutuhan kulitmu.

  1. Produk anti aging

Menurut Dr. Russak, saat usia 20-an kita sudah mulai menggunakan serum anti aging untuk kulit sekitar mata. Kandungan vitamin C juga bagus digunakan untuk membentuk kolagen di daerah bawah mata.

Untuk kandungan retinoid sebaiknya digunakan pada usia 25 tahun ke untuk mencegah muncul garis halus pada wajah. Gunakan retinoid dengan level rendah terlebih dahulu, dari jenis retinoid yang less potent dan dalam kosentrasi rendah.

  1. Neck cream

Skincare pada wajah sebaiknya kamu aplikasikan juga untuk leher, agar tidak terjadi perbedaan yang cukup drastis. Dimana kulit wajah masih kencang, tetapi kulit di leher sudah keriput. Apabila diperlukan, gunakanlah krim khusus leher ketika kamu menginjak usia 30-an awal.

  1. Body oil/lotion

Body oil/lotion dapat digunakan kapan saja untuk menghidrasi area kulit yang kering, seperti lutut dan siku. Dengan penggunaan body oil, kulit kamu akan tetap kencang hingga usia 40 ke atas.

Gimana, sudah cukup jelas belum tentang umur yang tepat untuk menggunakan skincare? Walaupun memang tidak ada batasan usia dalam menggunakan skincare ya. Karena kebutuhan tiap orang pasti akan berbeda-beda.

Semoga tulisan kali ini dapat bermanfaat. Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit atau gimana cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Wbsite : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER