Pratista Skin Care

Berapa Lama Waktu Jeda Tiap Mengaplikasikan Skincare?

09 Nov 2020 Views : 321
Share :
Facebook Twitter Print

Buat yang baru mulai atau bahkan yang udah rutin menggunakan skincare, mungkin masih ada yang kebingungan tentang berapa lama sih waktu jeda yang dibutuhkan saat layering skincare.

Sebenarnya tidak ada aturan baku tentang jeda waktu pemakaian skincare ini, selama tidak ada instruksi khusus pada kemasan skincare tersebut.

Tapi disini MinSta mau sharing sedikit tentang gambaran umumnya saja. Yuk, daripada penasaran, kita langsung aja ke pembahasannya.

 

Humectant

Seperti yang kita tau, humectant merupakan salah satu sifat dari skincare yang bekerja dengan cara mengikat air yang ada di lingkungan sekitar maupun dari lapisan kulit kamu. Contoh kandungan yang bersifat humectant adalah hyaluronic acid.

Jika di dalam skincare kamu ada kandungan humectant, sebaiknya diaplikasikan dalam kondisi kulit yang setengah basah. Jadi saat skincare sebelumnya belum menyerap sempurna. Atau kamu bisa akali dengan penggunaan face mist setiap menggunakan skincare yang mengandung humectant.

Hal ini dilakukan agar ada kandungan air yang dapat ditarik masuk ke dalam lapisan kulit kamu.

 

Exfoliant, Retinoid, Vitamin C

Jika kamu menggunakan skincare dengan kandungan exfoliant (AHA, BHA, PHA), retinoid, ataupun vitamin C. Sebaiknya tunggu sampai produk sebelumya meresap dulu. Karena penggunaan ketiga bahan ini pada muka yang masih basah akan meningkatkan risiko iritasi dan berasa tidak nyaman di kulit.

 

Bahan Lainnya

Selain bahan-bahan yang disebutkan di atas, kamu bisa menggunakannya tergantung preferensi masing-masing, lebih suka digunakan pada kulit yang setengah basah atau setelah skincare sebelumnya terserap.

Namun jika terjadi pilling (skincare menggumpal) saat mengaplikasikannya, maka sebaiknya kamu menunggu skincare sebelumnya menyerap sempurna dulu. Biasanya ini terjadi saat menggunakan sunscreen. Maka dari itu mengaplikasikan sunscreen sebaiknya setelah moisturizer atau face oil kamu meresap sempurna ya.

 

Layer skincare di kulit basah bukannya akan mengganggu keseimbangan pH?

Biasanya pertanyaan ini muncul saat menggunakan produk acid (pH < 7) karena dikhawatrkan performanya menurun. Namun kenyataannya, pH di dalam suatu produk tidak berubah secepat itu, apalagi biasanya skincare dibuat dengan pH yang masih asam juga. Jadi kamu tidak perlu khawatir tentang pH suatu produk.

Jika kamu masih pemula dan benar-benar awam saat menggunakan skincare, lakukanlah layering skincare saat setiap produknya sudah benar-benar menyerap tanpa berasa ada rasa lengket yang berlebihan lagi di kulit. Lama penyerapan ini berbeda-beda tergantung dari formulasi produk dan jenis kulit kamu. Tapi secara umum biasanya memakan waktu sekitar 1 menit sampai skincare tersebut menyerap.

Nah, setelah terbiasa, barulah nanti kamu akan menemukan sendiri nyamannya kamu saat me-layer skincare enaknya gimana. Itu dia sedikit pembahasan soal layering skincare, semoga bermanfaat ya kak.

Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit dan cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Wbsite : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER