Pratista Skin Care

Benarkah Sunscreen Dapat Menimbulkan Jerawat?

20 Feb 2021 Views : 8
Share :
Facebook Twitter Print

Sunscreen sudah menjadi produk skincare yang paling penting untuk kulit. Selain memberi perlindungan untuk kulit, sunscreen juga bisa melindungi skincare yang kamu gunakan agar tidak rusak dari paparan sinar matahari.

Tapi ternyata ga sedikit orang yang malas menggunakan sunscreen dengan alasan dapat menimbulkan jerawat di kulitnya. Benarkah begitu? Kita coba bahas disini, yuk!

 

Benarkah Sunscreen Menyebabkan Jerawat?

Sebenarnya ini merupakan pandangan lama yang disebabkan beberapa produk sunscreen memiliki tekstur yang sangat berat. Tekstur seperti ini akan menimbulkan rasa lengket, berminyak, dan akhirnya bisa menimbulkan jerawat.

Namun sekarang tekstur sunscreen sudah semakin berkembang dan tentu saja jauh lebih nyaman digunakan. Tekstur sunscreen saat ini sudah lebih ringan dan mudah diratakan, sehingga tidak menyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat.

 

Apa Yang Menyebabkan Timbulnya Jerawat?

Jerawat timbul karena adanya pori-pori yang tersumbat. Bisa tersumbat akibat sel kulit mati, kotoran, sebum yang berlebih, ataupun kandungan skincare yang kamu gunakan, salah satunya sunscreen.

Seperti yang kita tahu, sunscreen merupakan produk yang digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kandungan UV filter inilah yang biasanya bersifat comedogenic dan dapat menyumbat pori-pori. Untuk memudahkan, berikut beberapa kandungan yang biasanya terdapat di dalam sunscreen dan bersifat comedogenic:

  • Comedogenic oil dan butter
  • Mineral oil dan silikon
  • Benzophenones
  • Para-aminobenzoic acid (PABA)
  • Beeswax

 

Bagaimana Cara Memilih Sunscreen Yang Tepat?

Saat memilih sunscreen, sebaiknya cari yang sesuai jenis kulit. Adapun beberapa tips yang bisa kamu gunakan dalam memilih sunscreen, seperti:

1. Perhatikan Label Pada Produk

Cara paling mudah adalah dengan memperhatikan claim dari skincare tersebut. Bagi pemilik kulit berminyak bisa mencari produk dengan label oil free ataupun non-comedogenic. Walau tidak menjamin 100% kulitmu terbebas dari breakout, namun setidaknya kamu dapat meminimalisir risiko breakout tersebut.

 

2. Memilih jenis sunscreen yang tepat

Seperti yang kita tahu, sunscreen terdiri dari dua jenis, yaitu physical dan juga chemical. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dan sensitif, mungkin lebih cocok menggunakan physical sunscreen, seperti Titanium Dioxide dan Zinc. Karena kandungan ini tidak akan terserap ke dalam kulit dan lebih minim risiko.

Sedangkan bagi pemilik kulit normal ke kering biasanya akan lebih cocok dalam menggunakan chemical sunscreen, seperti avobenzone, oxybenzone, octisalate, dll. Karena kandungan ini biasanya lebih melembabkan dibanding physical sunscreen.

 

3. Memilih tekstur yang nyaman

Cara lainnya adalah dengan memilih tekstur yang sekiranya nyaman di kulit kamu. Sama seperti moisturizer, biasanya pemilik kulit berminyak akan lebih nyaman dengan tekstur produk yang lebih ringan, seperti gel ataupun gel-cream.

Sedangkan untuk pemilik kulit kering bisa memilih produk dengan tekstur yang lebih thick, atau berupa cream, sehingga bisa memberikan kelembaban yang ekstra bagi kulit kamu.

Selain tiga tips yang sudah disebutkan di atas, kamu tetap harus memilih sunscreen yang memiliki broad spectrum dan minimal SPF 30 untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal.

 

Sunscreen Bukan Satu-Satunya Penyebab Jerawat

Jerawat itu bisa disebabkan oleh banyak banget faktor. Dan bisa saja jerawat yang muncul bukan disebabkan oleh sunscreen. Maka dari itu kamu tetap harus menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan skincare lainnya.

Selain itu jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan melakukan double cleansing dan rutin melakukan eksfoliasi agar sel kulit mati tidak menumpuk pada kulit kamu.

Double cleansing penting untuk kamu lakukan karena sunscreen biasanya berbahan dasar minyak (oil-based), oleh karena itu sunscreen harus dibersihkan juga dengan cleanser berbahan dasar minyak, seperti cleansing oil atau cleansing balm.

 

Gimana? Semoga setelah membaca ini kamu jadi tidak takut lagi dalam menggunakan sunscreen ya. Karena sunscreen sangat penting, lho untuk kesehatan kulit kamu.

Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit atau gimana cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Website : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER