Pratista Skin Care

Benarkah Kulit Kering Menyebabkan Keriput?

10 Apr 2021 Views : 25
Share :
Facebook Twitter Print

Bagi kamu yang memiliki kulit kering, mungkin sudah sering mendengar kalau kulit kering dapat lebih cepat mengalami tanda-tanda penuaan pada kulit dibandingkan pemilik kulit berminyak. Salah satu tanda penuaan yang terjadi adalah keriput. Tapi benarkah begitu? Kita bahas disini aja yuk!

 

Apa Itu Keriput?

Keriput adalah garis, lipatan, ataupun kerutan yang muncul pada kulit. Keriput ini bisa menjadi salah satu tanda-tanda penuaan dan biasanya timbul pada daerah kulit yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, leher, dan lengan.

 

Penyebab Keriput

Penyebab utama keriput sebenarnya sinar matahari. Hal ini dikarenakan sinar matahari dapat merusak struktur pendukung di dalam endoderm yang disusun oleh kolagen atau elastin. Ketika kolagen rusak, maka kulit akan kehilangan bahan penyokongnya, yang membuat timbulnya garis-garis halus pada kulit.

Selain sinar matahari, keriput juga bisa disebabkan oleh banyak faktor lainnya, seperti bertambahnya usia, polusi udara, pola makan yang tidak sehat, merokok, bahkan genetik.

 

Hubungan Kulit Kering Dan Keriput

Sebenarnya kulit kering tidak sepenuhnya menjadi penyebab keriput. Akan tetapi kulit kering memang bisa membuat keriput nampak lebih jelas.

Berbeda dengan kulit berminyak yang membuat kulitnya lebih lembab dan kenyal, sehingga penampakan garis halus pun akan lebih samar. Pada pemilik kulit kering, kulitnya tidak memiliki cukup kelembaban, sehingga keriput dapat lebih jelas terlihat.

Maka dari itu, bagi pemilik kulit kering memang dibutuhkan kelembaban ekstra dengan menggunakan pelembab yang lebih thick.

 

Cara Mengatasi Keriput Pada Pemilik Kulit Kering

Walau penuaan dini tidak bisa terhindarkan karena usia juga memakan porsi yang cukup banyak dalam menyebabkan keriput, tetapi kamu juga bisa mengupayakan hal-hal berikut ini untuk mengatasi keriput:

  • Selalu gunakan sunscreen agar kulit kamu terlindungi dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan penuaan dini.
  • Gunakan pelembab berbahan dasar minyak (oil based) untuk mengunci kelembaban pada kulit dan membuat kulit tampak lebih plump.
  • Melakukan eksfoliasi dengan AHA, seperti glycolic acid. Selain bisa meningkatkan produksi kolagen, kandungan ini juga bisa memberikan kelembaban pada kulit.
  • Menggunakan kandungan hyaluronic acid untuk memberikan hidrasi pada kulit. Karena selain kelembaban, hidrasi juga berperan penting untuk menyamarkan keriput.
  • Gunakan antioksidan, seperti vitamin C, green tea, niacinamide dll. Kandungan ini bisa menangkal radikal bebas yang juga menjadi salah satu penyebab penuaan dini.
  • Menggunakan retinoid untuk mempercepat proses pergantian sel kulit. Selain itu retinoid juga bisa memicu produksi kolagen yang menjadi komponen penting untuk kulit yang tampak lebih muda.
  • Melakukan treatment oleh profesional, seperti peeling, mikrodermabrasi, dll. Perawatan ini bisa dilakukan jika tanda-tanda penuaan sudah sangat jelas dan tidak bisa diatasi dengan cara-cara di atas.

 

Itulah hubungan antara kulit kering dan keriput. Walaupun bukan menjadi penyebab utama dari keriput, tetapi kulit kering dapat membuatnya tampak lebih jelas. Maka dari itu kamu tetap disarankan untuk memberikan kelembaban ekstra ke kulit agar penampakan garis halus dapat lebih samar. Semoga tulisan kali ini bermanfaat buat kamu dalam mengatasi keriput ya.

Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit atau gimana cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Website : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER