Pratista Skin Care

ALKOHOL : 2 Jenis Alkohol dalam Skincare yang Harus Kamu Tau

22 Sep 2020 Views : 120
Share :
Facebook Twitter Print

Apa yang terbesit di dalam pikiran kamu jika mendengar kandungan alkohol di dalam skincare? Mungkin sebagian orang akan biasa saja, tapi sebagian orang lagi mungkin akan menjauhi kandungan ini. Namun sebenarnya alkohol tidak seburuk itu, lho.

Alkohol di dalam skincare secara umum terbagi menjadi dua jenis, yaitu simple alcohol dan fatty alcohol.

Simple alcohol

Simple alcohol atau yang biasa disebut “bad” alcohol inilah yang sering ditakuti orang dalam memilih skincare. Contoh dari simple alcohol seperti ethanol, isopropyl alcohol, ethyl alcohol, SD alcohol, atau alcohol denat. Penggunaan simple alcohol di dalam skincare sebenarnya ditujukan untuk:

  1. Sebagai pelarut

Biasanya skincare yang banyak kandungan oil nya akan susah dilarutkan di dalam air. Nah disini alkohol bekerja untuk melarutkan oil-oil tersebut menjadi satu formulasi.

  1. Bahan pembersih

Biasanya di dalam produk cleanser dapat ditemui ethanol karena memang kemampuan membersihkan dari ethanol cukup baik untuk mengangkat minyak pada kulit wajah.

  1. Membuat produk mudah menyerap

Hal ini dikarenakan ethanol mudah menguap yang membuat produk skincare tersebut menjadi lebih cepat terserap ke dalam kulit sekaligus memberikan sensasi dingin. Biasanya benefit ini ditemui di dalam sunscreen untuk membuat teksturnya menjadi lebih light dan mudah menyerap.

  1. Membantu penyerapan bahan aktif

Ethanol bisa membantu bahan aktif di dalam skincare dapat menyerap lebih cepat ke dalam kulit dan membuatnya menjadi lebih efektif, terutama untuk Vitamin A dan C.

Namun, penggunaan simple alcohol dalam konsentrasi yang tinggi dan formulasi yang kurang tepat juga dapat menyebabkan efek samping seperti:

  • Kulit terasa kering (dehidrasi) karena alkohol mengangkat minyak alami pada kulit sehingga dapat meningkatkan Trans-epidermal Water Loss (TEWL).
  • Meningkatkan kemungkinan iritasi dari skincare lainnya karena dapat membuat kandungannya berpenetrasi lebih dalam.

Fatty alcohol

Fatty alcohol atau yang biasa disebut “good” alcohol ini didapatkan dari bahan-bahan alami seperti kelapa dan kacang-kacangan. Beberapa contoh dari fatty alcohol adalah cetyl alcohol, cetearyl alcohol, stearyl alcohol, glycol,glyceryl stearate, lauryl alcohol, dll.

Berbeda dengan simple alcohol yang dapat memberikan efek samping seperti yang sudah disebutkan, fatty alcohol memiliki beberapa manfaat untuk skincare, seperti sebagai emulsifier dan pengental tekstur. Selain itu fatty alcohol juga bersifat emollients yang dapat menjaga kelembaban pada kulit.

Dari perbedaan simple dan fatty alcohol, simple alcohol memiliki cukup banyak efek samping. Namun bukan berarti kita bisa langsung memberi label sebuah produk itu “jelek” hanya karena memiliki kandungan simple alcohol di dalamnya.

Setiap brand pasti sudah memikirkan formulasi sedemikian rupa untuk mendapatkan benefit dari alkohol dengan tingkat iritasi yang sangat minimal.

Ada beberapa hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan dalam memilih skincare ber-alkohol:

  1. Simple alcohol kemungkinan besar ga cocok jika kamu memiliki kulit kering dan sensitif. Tapi ga ada salahnya untuk mencoba juga, hehe.
  2. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, maka Lihat ingredient list nya, jika 5 kandungan teratasnya mengandung simple alcohol, sebaiknya kamu mencari alternatif lainnya.
  3. Lihat ingredient lainnya, jika diimbangi dengan hydrating agent seperti hyaluronic acid, glycerin, dll, maka kemungkinan iritasinya juga bisa diminimalisir.
  4. Setiap orang kulitnya berbeda-beda. Ada kulit yang sensitif terhadap alkohol, ada juga yang tidak. Satu-satunya cara agar kamu mengetahui kulit kamu sensitif terhadap alkohol atau tidak adalah dengan mencobanya.

Nah itu dia penjelasan singkat soal alkohol. Jadi gimana, kamu sudah ga takut sama alkohol kan? Walaupun ada efek samping, tapi sebenarnya alkohol itu bermanfaat banget lho buat skincare kamu. Semoga tulisan kali ini dapat bermanfaat ya buat kamu.

Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit atau gimana cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Wbsite : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER