Pratista Skin Care

6 Kebiasaan Kecil tapi Ngefek Banget biar Jerawat Ga Nongol Lagi

11 Nov 2020 Views : 179
Share :
Facebook Twitter Print

Kamu pernah ngerasa udah nyoba berbagai skincare, tapi kok jerawat masih muncul aja? Mungkin kamu masih ngelakuin kebiasaan yang menyebabkan jerawat nih, kayak males ganti sarung bantal atau masih pake handuk badan buat mengeringkan wajah.

Nah kali ini MinSta mau sharing beberapa kebiasaan kecil yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir timbulnya jerawat. List yang ada disini MinSta rangkum dari pengalaman pribadi dan ada beberapa tips dari skincare enthusiast juga. Jadi daripada penasaran, langsung masuk ke list pertama yuk!

1. Ganti Sarung Bantal

Coba inget-inget lagi kapan terakhir kali ganti sarung bantal. Bisa jadi penyebab jerawat di pipi kamu karena sarung bantal nih. Soalnya di sarung bantal itu ada cukup banyak kotoran yang menempel, seperti sisa skincare, sel kulit mati, minyak, dll.

Nah, jadi sebisa mungkin kamu ganti sarung bantal seminggu sekali. Untuk seprei dan selimut kamu bisa menggantinya 2 minggu sekali karena tidak menyentuh langsung dengan wajah.

2. Gunakan Handuk Khusus Untuk Wajah

Kalau kamu masih mengeringkan wajah menggunakan handuk yang sama dengan handuk badan, coba deh diganti jadi handuk tersendiri. Soalnya handuk itu bisa jadi sumber bakteri, apalagi handuk seringkali terkenda kelembaban dan juga menyentuh seluruh bagian tubuh dari ujung rambut ke ujung kaki.

Selain diganti menjadi handuk terpisah, handuk wajah juga harus rutin diganti. Oh iya, menggunakan handuk juga jangan digosok-gosok ya, cukup ditepuk perlahan aja biar ga menimbulkan kemerahan.

Selain handuk, kamu juga bisa menggunakan tissue wajah untuk mengeringkan wajah agar kebersihannya tetap terjamin. Atau membiarkan wajah kering dengan sendirinya. Jadi kamu tepuk-tepuk aja kayak menggunakan toner sampai airnya kering alami. Kalau kamu mau langsung menggunakan skincare di wajah yang masih setengah basah juga ga masalah. Tapi pastikan air di rumah kamu bersih ya.

3. Cuci Tangan Sebelum Tidur

Mungkin banyak yang gak sadar kalau selama tidur tangan kita bisa aja menyentuh wajah kita. Padahal sebelum tidur kita ternyata masih pegang HP atau benda lainnya yang bisa saja membuat bakteri menempel ke tangan. Jadi sebisa mungkin cuci tangan sesaat sebelum tidur dan jangan pegang benda apa-apa lagi setelahnya.

4. Minum Air Sebelum Tidur

Terdengar sangat sepele, tapi kamu pernah ga ngerasa di pagi hari kok kulit jadi kusam? Bisa jadi itu kulit kamu dehidrasi nih. Soalnya selama kita tidur 7-8 jam itu tidak ada asupan air lagi ke dalam tubuh. Jadi sebelum tidur, sebaiknya minum segelas air putih untuk memberikan supply air selama 7-8 jam ke depan.

5. Lap Wajah Dengan Toner Sebelum Olahraga

Ada beberapa orang yang merasa setelah olahraga rutin kok malah makin jerawatan. Itu mungkin dikarenakan saat berolahraga, keringat yang keluar akan bercampur dengan minyak dan kotoran yang sudah menempel pada wajah dan akan menyumbat pori-pori. Nah, dengan membersihkan wajah dengan menggunakan toner dan kapas, ini bisa cukup membantu untuk mengangkat minyak dan kotoran, sekaligus memberikan hidrasi juga pada wajah.

6. Kalau Ada Jerawat Baru, Jangan Dipikirin

Walau terdengar klise, tapi masih banyak juga orang yang stres saat tumbuh satu jerawat baru. Padahal semakin kamu pikirin, hormon kortisol akan meningkat dan ini juga akan meningkatkan produksi sebum di kulit kamu. Bukannya hilang, hal ini malah bikin jerawat jadi makin banyak. Jadi kalau ada jerawat baru, terapin prinsip "ya udahlah" aja. Semakin kamu ga pikirin, jerawatnya berapa hari juga udah hilang.

Dari kebiasaan-kebiasaan di atas, kebiasaan mana nih yang udah kamu lakuin? Atau mungkin kamu punya kebiasaan kecil juga yang bantu meminimalisir timbulnya jerawat, boleh banget share kek kita. Yuk bagiin artikel ini biar makin banyak orang yang bisa nerapin kebiasaan kecil ini.

Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit atau gimana cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Wbsite : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER